Tuesday, October 10, 2017

Mesin Mobil Bekas

Mesin mobil bekas amankah?

Mesin mobil bekas
Ilustrasi Mesin mobil bekas

Sering sekali kita mendengar tentang mesin mobil bekas, atau mesin import bekas dari negara lain di asia tenggara.
Dan sering juga kita diliputi rasa penasaran perihal mesin tersebut.

Dalam dunia otomotif khususnya mobil, pastinya sudah tidak asing lagi dengan bongkar pasang tukar ganti atau upgrade mesin mobil bawaan dengan mesin mobil lain yang lebih tinggi kapasitasnya atau lebih baik atau lebih muda tahunnya.

Dan biasanya mesin mobil bekas tersebut diperoleh dari importir khusus atau dari link tertentu yang memang menjual mesin mobil bekas dari negara lain.

Secara keamanan tentu sering jadi pertanyaan ketika muncul pembahasan mengenai mesin mobil bekas ini, mulai dari sparepart, cara perawatan dan perbaikan, bengkel yang dapat memperbaiki dan berbagai macam pertanyaan lainnya.

Secara teknis, mesin dirancang sesuai dengan kondisi presisi chasis yang memang dibuat khusus untuk jenis mesin tersebut. Dan apa bila ada perubahan atau diubah, pasti akan ada penambahan dan pengurangan bagian dudukan mesin tersebut.

Karena berbeda negara, pasti memiliki perbedaan juga dengan spek dan bentuk mobil dan mesinnya. Kecual untuk mobil premium yang didesain sebagai produk global.

Lalu amankah jika kita membeli mesin bekas?
Jawabanya tentu relatif. Bisa aman, bila mesinya sesuai dengan kebutuhan, kondisi sehat dan tidak bermasalah, bisa juga tidak aman bila mesin tidak sesuai keinginan dan kebutuhan, atau rusak.

Saran terbaik, teliti sebelum membeli mesin bekas, karena selain beresiko mengalami kerugian yang besar, juga beresiko mengeluarkan biaya perbaikan dan perawatan yang juga besar.