Thursday, September 14, 2017

Bahaya Melapisi Kap Mesin Dengan Sticker Hitam

Kap atau cover mesin pada bagian depan atau lapisan penutup mesin mobil sering kali dijadikan sasaran kreativitas pemiliknya.

Resiko wrapping sticker pada kap mesin
Bahaya melapisi kap mesin dengan sticker hitam


Memodifikasi bagian kap mesin sering dilakukan karena bagian ini biasanya memiliki penampang yang lebar dan minim lekukan, serta merupakan wajah dari tampilan sebuah mobil.

Tak terkecuali melapisi kap mesin dengan sticker beraneka warna. Perlu diketahui, melapisi kap mesin dengan sticker sebaiknya jangan menggunakan sticker berwarna hitam.

Secara ilmiah warna hitam adalah warna primer yang menyerap cahaya atau sinar, baik yang sinar bersifat panas ataupun tidak. Karena hal tersebut, maka sebaiknya jangan menggunakan sticker warna hitam pada bagian kap mesin.

Suhu mesin yang tinggi ketika beroperasional sangat membutuhkan perantara pelepas panas yang baik guna menjaga suhu maksimal kinerja mesin tetap stabil, dan mencegah terjadinya overheating pada mesin.

Nah.. Hubunganya dengan sticker warna hitam pada kap mesin adalah..
Sticker warna hitam menyerap cahaya dari luar dan menyalurkannya pada lapisan kap mesin, sedangkan suhu mesin dari dalam juga melepas suhu panas melalui lapisan kap mesin.

Bila suhu panas mesin dari dalam ruang mesin bertemu suhu panas matahari dari luar yang diserap oleh sticker warna hitam, tentunya akan menghasilkan suhu panas yang tinggi, yang juga secara langsung merambat pada plat lapisan kap mesin mobil tersebut.

Resiko yang dapat terjadi adalah :

- cat terkelupas akibat suhu panas yang tinggi atau ketika melepas sticker pada kap.

-suhu kabin menjadi mudah panas, sehingga evaporator AC akan bekerja lebih berat mendingingkan udara dalam kabin, efeknya bahan bakar jadi boros.

- overheat pada mesin yang memiliki mobilitas tinggi ketika siang hari, akibat panas berlebih yang tidak terlepas dengan baik akibat penampang kap mesin terlapisi sticker.

- luka akibat alat cutting ketika pemasangan sticker dapat menjadi biang korosi pada plat kap mesin.

Saran terbaik, lebih baik tidak menambahkan sticker pada body mobil, karena resikonya lumayan mengganggu, dan lumayan berbahaya.

Sayangi mobil anda dan rawat tanpa melampaui standarisasi yang ada. Khusus modifikasi sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu guna menghindari resiko-resiko yang merugikan.

Semoga manfaat.